Wajib Pajak Wajib Lapor Seluruh Harta Kekayaan, Apa Saja?

Wajib Pajak Wajib Lapor Seluruh Harta Kekayaan, Apa Saja?

Tahukah Anda jika saat ini pemerintah telah menerbitkan aturan baru yang mengharuskan wajib pajak untuk melaporkan kekayaannya dalam SPT pajak tahunan? Jika Anda masih belum percaya, maka Anda harus melihat sendiri Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2017 mengenai Pengenaan Pajak Penghasilan di atas penghasilan tertentu yang mana berupa harta bersih yang dinilai sebagai pendapatannya. Lalu apa saja sih harta yang wajib dilaporkan para wajib pajak?

Hestu Yoga Saksama selaku Direktur Penyuluhan, Serta Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak mengatakan jika pada dasarnya semua macam atau jenis harta yang Anda miliki harus dimasukkan dalam laporan SPT pajak. Karena pada prinsipnya konsultan pajak jakarta, seluruh jenis harta tersebut dimasukkan di dalam SPT pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Contohnya berapa peralatan elektronik yang wajib punya miliki, itu terasuk self assessment SPT.

Akan tetapi, pihaknya tidak akan mengatur secara detail mengenai jenis dan nilah harga benda yang wajib pajak harus laporkan. Pastinya, petugas pajak akan menilai harta yang bisa dilihat saja seperti kendaraan dan property. “Dalam proses penerapannya, kami melihat dan memantau berdasarkan pada data yang diperoleh baik dari pihak luar seperti mobil, property. Sesungguhnya memang tidak ada peraturan atau ketentuan yang rigid” sambung Hestu.

Tidak sekedar itu saja, Hestu pun menghimbau para masyarakat untuk tidak khawatir terkait peraturan tersebut, karena dia menjamin jika para petugas pajak yang ditugaskan tidak akan sampai menilik harga kekayaan secara mendalam hingga masuk ke dalam rumah.

“Kami tidak datang ke rumah-rumah untuk menilai apa saja harta yang Anda miliki, tidak akan seperti itu, jadi masyarakat tidak usah khawatir bila akan dicek berapa banyak total harta kekayaannya. Tidak akan ada satu orang pun wajib pajak pribadi yang akan diperiksa kamarnya seperti apa, tak sampai ke sana” terang Hestu.

Peraturan pemerintah terkait pajak memang hampir selalu mengalami perubahan ke hal yang lebih positif namun dengan demikian tidak sampai menganggu kenyamanan atau pun keamanan wajib pajak pribadi.

This entry was posted in tips. Bookmark the permalink.