Bidang Terkait Dokter Kanker dan Penanganan Kanker Nasofaring

Kanker menjadi salah satu musuh utama manusia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, pria atau wanita. Untuk mencegah terkena kanker, perlunya kewaspadaan dan pengetahuan tentang kanker. Untuk itu diperlukannya seorang spesialis mengenai kanker. Dokter kanker atau dokter ahli onkologi. Dokter kanker adalah dokter spesialis yang menangani diagnosis dan pengobatan kanker. Dokter kanker itu sendiri dibagi menjadi tiga bidang, yaitu bidang medis, radiasi, dan operasi.

Dokter kanker medis merupakan dokter yang mengambil spesialisasi terkait dengan ilmu penyakit dalam mendiagnosis dan mengobati kanker, memberi pelayanan kanker dan juga mengarahkan pasien untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis yang lain.

Dokter kanker radiasi merupakan dokter yang mengambil spesialisasi terkait dengan pengobatan kanker selain operasi dan medis yang menggunakan terapi radiasi untuk menyerang dan membunuh sel-sel kanker serta memberi pelayanan konsultasi mengenai terapi radiasi dan perencanaan pengobatan.

Dokter kanker operasi merupakan dokter yang mengambil spesialisasi terkait dengan menangani pasien karena adanya sel kanker dalam tubuhnya, melakukan pengangkatan tumor atau memperbaiki bagian-bagian tubuh yang terkena kanker.

Setiap dokter kanker memiliki bidang tersendiri sesuai dengan kebutuhan pasien yang terkena kanker dan perlunya penanganan tersendiri sesuai dengan stadium yang diderita si pasien.

Salah satu kanker yang paling sering dijumpai adalah kanker nasofaring. Kanker nasofaring merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit pada rongga mulut. Kanker nasofaring disebabkan oleh adanya virus epstein bar.

Yang paling sering terkena kanker nasofaring adalah orang-orang ras mongoloid yaitu penduduk China bagian selatan, Hongkong, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Untuk orang ras kulit putih jarang terkena kanker ini, dan kanker nasofaring ini termasuk kanker yang dapat d turunkan secara genetik.

Untuk kanker nasofaring ini hampir mirip dengan kanker tenggorokan dan perlunya diagnosis dari orang yang ahli. Dokter kanker ini yang dapat mendiagnosis kanker ini dan dapat menentukan jenis perawatan yang akan dilakukan sesuai dengan stadium kanker yang diderita. Penanganan sejak dini memungkinkan untuk cepatnya penyembuhan dan menghambat pertumbuhan kanker.

This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.